GAMBAR BERGARIS PADA TV LED LCD

Salam Untuk semuanya . di kesempatan kali ini saya akan sedikit shear cara mengatsi tv LED maupun LCD yang kerusakanya biasanya tiba tiba ada garis hitam atau putih , biasanya garis ini horisontal atau vertikal.

untuk kerusakan seperti ini kadang kita bisa mengausmsikankerusakan bisa di panel osd dispplya atau juga bisa hilangnya tegangan di cof samping atau biasa kita sebut kupinganya.karena ada jalur tegangan yang putus.

dalam kasus seperti gambar ada garis hitam . pernah saya alami di tv led lg 32 itu menggunakan cof kupingan samping saya coba dengan meraba dan sedikit menekan nekan kupingan tersebut. dan hasilnya garis hilang.dan saya coba . ganjel saja cof tersebut dengan dobeltips tv sembuh . ada juga yang harus kita sambung karena sudah putus jalur tegangan yang cof kupingan tersebut.

Untuk beberapa trik cara mengatasi kerusakan seperti ini gamabar bergaris pada tv led lcd sobat bisa baca baca sampae ahkhir artikel ini semoga bisa bermanfaat untuk mengatsi kerusakan tv led/lcd cacat gambar bergaris.

FUNGSI LED LCD

 

Layar TV LCD atau yang disebut juga dengan LED di dalamnya memiliki dua bagian utama berupa glass panel dan juga back light. Glass panel memiliki fungsi untuk menampilkan gambar yang tersusun atas led serta transistor micro dalam jumlah yang sangat banyak. Di setiap garis line vertical dan juga horizontal juga ditemukan transistor pengontrol sweep yang kedua point ini harus terpenuhi agar tampilan gambar yang muncul pada layar LCD/LED dapat berjalan normal dan maksimal.

BACA JUGA :CARA MEMPERBAIKI TV LED SAMSUNG MATI TOTAL

Masalah umum yang sering terjadi pada panel TV LCD adalah ketika tiba-tiba muncul garis-garis putih atau bisa juga pelangi pada layar TV. Hal terjadi disebabkan oleh adanya transistor/ ic / jalur pixel transistor driver pada rangkaian panel yang tidak berfungsi atau mati. Apabila terdapat banyak bagian transistor driver pixer yang mati, maka garis-garis gangguan yang muncul pada layar akan

semakin banyak atau tebal. Bahkan tidak jarang gambar yang ditampilkan justru semakin kacau dan hancur. Hal ini tentunya sangat menganggu proses menonton TV bukan? Jika sudah begini, apa yang harus Anda lakukan? Tenang! Terdapat beberapa cara memperbaiki panel LCD TV bergaris yang baik dan benar yang dapat Anda lakukan. Penasaran? Ini dia langkahnya, yakni :

Pastikan kondisi

Pertama-tama, pastikan kondisi TV dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan aliran listrik apapun. Tahap ini sangatlah penting demi keselamatan proses perbaikan. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan sebagai pelindung. Setelah semua persiapan selesai, Anda dapat mulai membongkar seluruh cashing panel untuk melihat keadaan, apakah terdapat jalur FPC (column) yang terbakar.

Cara Mengecek tegangan

Jangan lupa untuk mengecek bagian tegangan output lc power Tcon. Permasalah panel LCD TV bergaris biasanya muncul pada bagian IC scan Driver MAX1708. Semua tegangan berjalan normal, akan tetapi ketika bagian flicker muncul secara perlahan level tegangan output pada pin 13-22 akan mengalami penurunan, meskipun masih konstan di output IC power.

Memutuskan jalus pin out 21
Untuk mengatasi hal tersebut, yang perlu Anda lakukan adalah dengan memutuskan jalur pin out 21 yang alirannya menuju ke FPC atau panel. Selanjutnya periksa kembali tingkat ketengannya dalam kondisi tanpa beban atau dalam keadaan TV tidak menyala. Ketengan cenderung konstran pada pin 21(+/-24).

Cara Alternative lain

Apabila cara tersebut belum dapat mengembalikan kondisi TV Anda ke kondisi semula, Anda dapat menggunakan cara lain. Yakni dengan mengganti IC yang rusak atau juga panel yang rusak.

Apabila panel rusak
Jika memang bagian panel yang mengalami kerusakan, Anda dapat melakukan jumper langsung (r: 10 ohm) antara tegangan out IC power dengan jalur in pada FPC atau panel yang terputus tadi.

Demikianlah beberapa tips dan trik untuk cara memperbaiki panel LCD TV bergaris yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Gallery for GAMBAR BERGARIS PADA TV LED LCD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *